6 Manfaat Utama Mengonsumsi Makanan Kaya Probiotik

Tidak semua bakteri yang ada merupakan bakteri jahat yang akan merugikan tubuh anda. Jangan takut terlebih dahulu ketika berbicara mengenai bakteri. Sebab dalam tubuh manusia juga tersedia bakteri yang akan menguntungkan sistem pencernaan anda. Bakteri baik tersebut akan melindungi sistem pencernaan dalam tubuh sehingga tubuh menjadi memiliki imunitas yang baik. Bahkan bakteri baik dibutuhkan dalam sistem pencernaan untuk melawan bakteri jahat dalam tubuh.

Bakteri baik dalam tubuh terdapat dua jenis yakni Lactobacillus dan Bifidobacterium. Kedua jenis bakteri ini akan membantu sistem pencernaan dalam tubuh dan membantu memerangi bakteri jahat yang masuk. Biasanya bakteri jahat yang masuk ke dalam tubuh terjadi karena konsumsi makanan dan pola hidup tidak sehat yang diterapkan. Sehingga bakteri memiliki akses untuk masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan penyakit. Sebab itu penting bagi masyarakat untuk mengonsumsi makanan kaya akan probiotik.

Apa itu probiotik? Probiotik merupakan mikroorganisme yang bersifat menguntungkan bagi tubuh dalam membantu melawan mikroorganisme jahat yang membawa dampak buruk bagi tubuh. Keberadaan mikroorganisme ini sebenarnya sudah ada dalam sistem pencernaan manusia. Namun, konsumsi makanan kaya akan probiotik mampu menunjang kesehatan tubuh dalam memerangi bakteri jahat.

Ada banyak sekali manfaat probiotik yang dikonsumsi rutin. Dimana seluruh manfaat probiotik tersebut diberikan untuk menunjang kesehatan sistem cerna dan membantu penyerapan nutrisi dalam tubuh. Berikut merupakan beberapa manfaat probiotik yang dapat anda ketahui :

  1. Membantu mengurangi resiko radang usus yang kerap dialami manusia
  2. Membantu mengurangi resiko terjadinya diare
  3. Membantu melindungi gigi dan mulut
  4. Mengurangi terjadinya reaksi alergi
  5. Mengurangi resiko terpapar eksim
  6. Menyehatkan organ kewanitaan dan saluran urin.

Manfaat – manfaat probiotik diatas sangat menguntungkan bagi manusia, terutama anak. Sistem pencernaan anak baru lahir dan menginjak usia balita masing sangat rentan terpapar penyakit. Sebab itu balita melakukan vaksin dan mengkonsumsi susu baik ASI maupun susu formula. Dimana kandungan probiotik dalam ASI dan susu formula mampu menunjang sistem kekebalan tubuh bayi melalui manfaat probiotik yang telah disebutkan.

Konsumsi susu formula atau ASI yang rutin dan sesuai dengan saran anjuran diberikan, dapat menyehatkan bayi dan mendukung perkembangannya. Sebab itu, penting bagi ibu dalam memastikan konsumsi harian untuk buah hati mereka. Melalui makanan yang dikonsumsi tersebut maupun ASI yang diberikan. Keberadaan probiotik juga mudah ditemukan. Sebagian besar produk yang mengandung probiotik merupakan produk susu olahan.

Produk seperti yogurt, susu, keju, dan kefir mengandung probiotik yang baik untuk sistem cerna. Bahkan produk fermentasi seperti tempe, kimchi hingga kombucha mengandung probiotik yang dapat menunjang kesehatan tubuh. Namun, untuk konsumsi bayi ada baiknya anda mengkonsultasikan dengan dokter anak terkait.