KETAHUI HARGA PAPAN KAYU SEBELUM MEMBELI PADA KATEGORI BAHAN KONSTRUKSI DI PADI UMKM

Harga papan kayu pertama sebagai bahan konstruksi adalah Papan Kayu Punak, Papan kayu punak cukup populer di Indonesia karena memiliki karakteristik yang padat, tahan air dan cuaca, serta mempunyai kualitas setara kayu ulin. Berasal dari pohon punak yang banyak tumbuh di kawasan Jambi dan Palembang, ia dijual dengan harga yang cukup ekonomis jika dibandingkan dengan papan dari jenis kayu solid lainnya. Terkait harga, kayu punak dalam bentuk papan dengan ukuran 2 cm x 20 cm x 400 cm saat ini bisa kamu beli dengan kisaran harga Rp70.000,00.

Harga papan kayu kedua sebagai bahan konstruksi adalah Papan Kayu Meranti, Selanjutnya adalah papan kayu meranti yang memiliki karakteristik keras dengan bobot ringan hingga berat-sedang. Dengan ciri warna merah muda, merah tua, hingga merah tua kecokelatan tergantung usia kayu, papan dari jenis kayu meranti juga memiliki durabilitas yang baik untuk diolah menjadi berbagai macam benda. Soal harga, papan kayu meranti dengan ukuran 2 cm x 20 cm x 400 cm bisa kamu beli dengan kisaran harga Rp80.000,00.

Harga papan kayu ketiga sebagai bahan konstruksi adalah Papan Kayu Kamper, Ada pula papan kayu kamper yang terkenal awet dan tahan rayap. Banyak ditemukan di hutan kawasan Kalimantan, keunggulan lain dari kayu kamper adalah tekstur yang kasar sehingga memberikan ciri khas tersendiri saat dipakai untuk furnitur. Untuk harganya, kayu kamper dalam bentuk papan berukuran 3 cm x 20 cm x 400 cm bisa kamu beli dengan kisaran harga Rp260.000,00.

Harga papan kayu keempat sebagai bahan konstruksi adalah Papan Kayu Borneo, Sesuai namanya, papan kayu ini dihasilkan dari pohon perkebunan yang ada di kawasan Kalimantan dan termasuk didalamnya adalah kayu karet, kayu albasia dan kayu afrika. Dengan ciri khas warna putih kekuningan, kayu Borneo juga memiliki ciri lunak-keras dan digolongkan sebagai kayu yang berat. Terkait harganya, saat ini kamu bisa membeli kayu Borneo dalam bentuk papan ukuran 3 cm x 20 cm x 400 cm dengan kisaran harga Rp90.000,00.

Harga papan kayu kelima sebagai bahan konstruksi adalah Papan Kayu Jati Belanda, Disebut juga dengan nama kayu pinus, papan kayu jati Belanda seringkali digunakan untuk furnitur karena bobotnya yang ringan, memiliki warna cerah yang cantik, memiliki serat halus sehingga mudah untuk diolah, serta memiliki keawetan yang sangat prima. Untuk kayu jati Belanda dalam bentuk papan yang sudah dipernis, kamu bisa membelinya dengan kisaran harga Rp170.000,00 untuk ukuran 100 cm x 60 cm x 2 cm.

Harga papan kayu keenam sebagai bahan konstruksi adalah Papan Kayu MDF, Meskipun berupa olahan, namun papan kayu MDF (Medium Density Fiber) sangat populer digunakan untuk pembuatan furnitur. Alasannya, kayu MDF mempunyai permukaan yang halus, ikatan partikel kuat, namun bobotnya yang cukup ringan sehingga memudahkan pengolahan. Sementara untuk harganya, kayu MDF dalam bentuk papan dengan ketebalan 15 mm bisa kamu beli dengan kisaran harga Rp179.000,00 per lembar.